Friday, December 12, 2014

Video Game - This War of Mine (Part 2)

Sebelumnya saya memberikan preview singkat mengenai game This War of Mine. Sekarang saya akan berbagi sedikit pengalaman saya saat bermain game ini. Awalnya saya sempat merasa kesulitan dengan game ini dan mengalami kegagalan. Sampai pada akhirnya saya mulai paham dengan mekanisme game ini dan akhirnya bisa sukses menyelesaikannya.

Pada saat awal memulai game ini, game akan memberikan ada kondisi tertentu, tokoh apa yang ada, musim apa, dan juga item yang ada di rumah yang bisa diambil juga bisa berbeda. Saya mendapatkan tokoh Pavle, Bruno, Marko. Team yang ideal untuk melakukan scavenging karena Pavle memiliki skill fast-runner (lari cepat), Bruno adalah koki yang baik (memasak dengan lebih efisien dalam soal bahan) sedangkan Marko adalah "good scavenger" dimana dia memiliki 15 slot untuk membawa barang, lebih banyak daripada umumnya tokoh-tokoh yang lain. Untuk melihat lebih rinci tentang tokoh-tokoh yang bisa dimainkan di game ini, anda bisa baca di artikel saya disini, The Characters.

Foto Bruno, Marko dan Pavle


Tips saya untuk permainan ini:
  1. Ini permainan survival bukan war. Anda tidak harus membunuh npc/ tokoh lain dalam game ini. Saya berhasil melewati permainan tanpa membunuh satu orangpun.
  2. Bertahan hidup membutuhkan beberapa hal yang esensial, seperti makanan dan air dan sarana pendukungnya. Tips saya dari awali dengan mengumpulkan bahan yang penting seperti wood (digunakan untuk membuat bahan bakar dan membangun barang kebutuhan lainnya), dan parts.
  3. Apabila anda menginginkan permainan penuh aksi, sebaiknya menggunakan cara sneaking atau stealth game seperti yang ada di game MGS (Metal Gear Solid) atau Splinter Cell. Gunakan tempat bersembunyi dan habisi musuh dari belakang. Ini akan menghindari resiko terluka yang amat merugikan anda. Ini bukan game action atau fps dimana anda bisa melakukan spray and pray dengan mudah, karena jumlah amunisi amat terbatas bahkan saya bilang lebih parah daripada game Jagged Alliance atau Commandos, karena amunisi sulit didapat dan dibuat. Saya merasa senjata api lebih efisien digunakan untuk bertahan / guard dari pada digunakan untuk offensive /  menyerang.
  4. Manfaatkan trade / berdagang dengan baik. Karena di fase berikutnya dimana barang 'jarahan' sudah mulai langka anda bisa bergantung sepenuhnya dengan berdagang.

Langkah yang biasa saya lakukan dalam awal permainan ini:
  • Menjelajah rumah dan mengambil semua sumber daya yang ada disana.
  • Membangun tempat tidur untuk semua orang dan kemudian kompor untuk memasak
  • Scavenge di malam hari  saya utamakan untuk parts dan makanan.
  • Membangun metal workshop untuk membuat Crowbar, Shovel dan Knife.
  • Upgrade workshop agar bisa membangun Trap for Small Animals dan Herbal Garden agar bisa memproduksi makanan sendiri 
 
Icon untuk Components, Woods, Parts & Electrical parts.


Icon untuk Trap for Animal & Herbal Garden

Itulah tips-tips awal yang bisa saya berikan untuk memberikan arah bagi anda yang bingung dengan video game ini. Semoga bisa membantu.

Share:

0 comments:

Welcome to my blog